Jumat, 10 Juli 2009

Naskah bahasa indonesia SMA

Standar Kompetensi Bahan Kajian Bahasa Indonesia SMA
Aspek:
1. Kemampuan Berbahasa
Subaspek
a. Mendengarkan
Mendengarkan, memahami, dan memberikan tanggapan
terhadap gagasan, pendapat, kritikan, dan perasaan orang lain
dalam berbagai bentuk wacana lisan.
b. Berbicara
Berbicara secara efektif dan efisien untuk mengungkapkan
gagasan, pendapat, kritikan, perasaan, dalam berbagai bentuk
kepada berbagai mitra bicara sesuai dengan tujuan dan konteks
pembicaraan.
c. Membaca
Membaca dan memahami berbagai jenis wacana, baik secara
tersurat maupun tersirat untuk berbagai tujuan.
d. Menulis
Menulis secara efektif dan efisien berbagai jenis karangan dalam
berbagai konteks dan tujuan.
9
Pendahuluan
2. Kemampuan Bersastra
Subaspek
a. Mendengarkan
Mendengarkan, memahami, dan mengapresiasi ragam karya
sastra (puisi, prosa, drama) baik karya asli maupun saduran/
terjemahan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
b. Berbicara
Membahas dan mendiskusikan ragam karya sastra di atas sesuai
dengan isi dan konteks lingkungan dan budaya.
c. Membaca
Membaca dan memahami berbagai jenis dan ragam karya sastra,
serta mampu melakukan apresiasi secara tepat.
d. Menulis
Mengekspresikan karya sastra yang diminati (puisi, prosa,
drama) dalam bentuk sastra tulis yang kreatif, serta dapat
menulis kritik dan esai sastra berdasarkan ragam sastra yang
sudah dibaca.
G. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
SMA dan MA
1. Kemampuan Berbahasa
a. Mendengarkan
Berdaya tahan dalam berkonsentrasi mendengarkan berbagai
konteks sampai dengan seratus dua puluh menit dan mampu
memahami dan peka terhadap gagasan, pandangan, dan
perasaan orang lain secara lengkap dalam uraian, khotbah,
pidato, ceramah, dialog, dan film serta mampu memberikan
pendapat dan penilaian.
b. Berbicara
Menyampaikan ceramah; berdiskusi dalam seminar;
menyakinkan orang lain, memberi petunjuk, menjelaskan suatu
proses secara rici,mengaitkan berbagai peristiwa, mengkritik,
an berekspresi dalam berbagai keperluan dan konteks.
c. Membaca
Membaca berbagai ragam teks; menganalisis informasi dan
10
Bahasa dan Sastra Indonesia
gagasan; memberikan komentar, menyeleksi dan mensintesiskan
informasi dari berbagai sumber
d. Menulis
Menulis karangan fiksi dan nonfiksi dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif untuk menimbulkan efek
dan hasil tertentu.
2. Kemampuan Bersastra
a. Mendengarkan
Mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai
ragam karya sastra berupa puisi, cerita pendek, novel, dan drama
b. Berbicara
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan
dalam berbagai bentuk wacana lisan serta berupa puisi, cerita
pendek, novel, dan drama.
c. Membaca
Membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra malalui
membaca dan menganalisis berbagai karya sastra berupa puisi, cerita
pendek, hikayat, novel Indonesia dan terjemahan, drama, dan esai.
d. Menulis
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan
dalam berbagai bentuk tulisan sastra berupa puisi, cerita pendek,
novel, drama, resensi, dan esai.
H. Rambu-rambu
1. Pendekatan Pemelajaran
Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat untuk berkomunikasi.
Dengan demikian, setiap warga dituntut untuk terampil berbahasa.
Keterampilan yang baik dalam berbahasa dapat membuat
komunikasi antarwarga berlangsung dengan tenteram dan damai.
Komunikasi yang dimaksud di sini adalah suatu proses penyampaian
maksud pembicara kepada orang lain dengan menggunakan saluran
tertentu. Maksud komunikasi dapat berupa pengungkapan pikiran,
gagasan, ide, pendapat, persetujuan, keinginan, penyampaian informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar